Tugas Tafsir Mars PLH


Sang Agni Bagaskoro
XI- IPS
Tafsir Mars PLH
Ciptaan : abi Oan Hasannudin
Instrumen : F. Ilham Spd

Bait 1
Tuhan Ciptakan alam nan indah
Manusia penerima Amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

Tafsir :
-Tuhan sebagai pencipta semua makhluk hidup beserta isi-isinya berupa alam yang menakjubkan dan indah, sehingga tidak ada satupun makhluk yang dapat meniruciptaannya yg indah itu
-manusia sebagai penerima amanah  dibumi sebagai  penjaga dan pemelihara alam semesta juga sebagai khalifah yaitu pemimpin bagi semua umat untuk menjaga kelestarian lingkungan
-Tempat dimana kita bekerja dan beraktifitas dan memiliki unsure ibadah yang didasarkan pada pedoman dan keimanan kepada sang pencipta
-sebagai manusia berhak untuk memanfaatkan alam dan SDA yang tersedia, tetapi hanya digunakan sesuai kebutuhan jangan serakah dan merusak lingkungan

Bait 2
Karya agung-Nya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagat raya sujud syukur

Tafsir :
-Bahwa karya/hasil ciptaan Tuhan yang maha esa, adalah ciptaan yang luhur, hanya bisa diciptakan olehnya , luhur : bahwa ala mini untuk dijaga dan dirawat sampai anak cucu sebagai warisan alam dan budaya
-Alam yang telah diwariskan agar anak cucu dapat menjaganya sehingga di masa depan< makhlukh dapat idup sejahtera, makmur  dan memanfaatkan alam sebaik-baiknya.
- Disaat kita menjaga dan merawat alam, nikmat dan berkah yang diberikan Allah akan berlimpah dan juga alam akan tumbuh dengan subur
-Maka akan terciptalah kehidupan yang damai makmur dan sejahtera disegala aspek kegidupan dan semua ciptaannya akan bersyukur kepada Tuhan YME.

Reff
Buma Buha Mata
Buka Mata Buka Hati
Memelihara Alam Titipan Allah
2x

Tafsir :
-Sebagai manusia kita diciptakan untuk menjaga, memelihara dan merawat alam semesta beserta isinya. Buma buha : buka mata buka hati, artinya setiap manusia harus sadar dan tahu, diyakini dan imani, baik secara indra (jasmani) dan rohani bahwa alam ini dititipkan oleh sang pencipta untuk dipelihara dijaga, yang nantinya berguna bagi anak cucu dimasa depan.

Bait 3
Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan Illahi
Cermin insan khalifah Fil-ardhi

Tafsir :
-Sebagai manusia harus memiliki sifat yang peka terhadap lingkungan, indra kita/mata kita selalu selalu bertindak sesuai pedoman untuk menjaga dan memelihara alam semesta
-Berperilaku dan bertindak serta beraktifitas untuk memelihara serta merawat alam. Setiap gerakan dan langkah kaki harus berpedoman dan memiliki landasan sehingga tujuan dapat tercapai sesuai keinginan serta berjalan kearah yang lebih baik
-Menjaga dan merawat alam sebagai titipan dari yang maha kuasa, kita memiliki amanat yang besar untuk selalu mengetahui segala kemajuan dan perkembangan alam di keidupan kita.
-Menjadi seorang insane/ manusia yang menjadi khalifah/ pemimpin sehingga dapat ditiru oleh orang lain dan anak cucu lain, menjadi seorang yang menjaga lingkungan yang baik benar serta penuh keikhlasan

Bait 4
Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam dimana-mana

Tafsir :
-Disamping manusia yang menjadi Khalifah yang baik terdapat pula manusia manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan, hanya merusak dan merugikan kehidupan
-Merusak dan memanfaatkan dengan serakah sehingga semua lapisan alam rusak binasa baik daratan maupun lautan tidak ada faedah atau berkah yang diberikan oleh sang pencipta alam semesta
-Dikarenaka alam dan seluruh unsure lingkungan telah rusak, maka tidak ada lagi warisan atau kebaikan lingkungan yang akan dititipkan lagi kepana anak cucu dimasa depan rusak tanpa ada sisa.
-Sehingga kerusakan dan bencana alam terjadi dimana mana, kehidupan tidak lagi makmur, harmonis, sejahtera dan asri hanya menimbulkan kerugian bagi manusia.

Bait Terakhir
Jiwa siswa SMA delapan
Dan pendidikan lingkungan hidup
Ecological Youth Environment Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermin insan khalifah Fil-ardhi

Tafsir :
-Kita sebagai generasi muda penerus bangsa yang berlatar belakang siswa SMA 8 Pekanbaru yang diberikan edukasi dan pembelajaran yang dilandaskan pada unsure unsure lingkungan
-Serta berpedoman pada kenyamanan dan ketertiban serta keseimbangan menjaga lingkungan  hidup merupakan terapan dari pendidikan yang diberikan di sekolah
-Siswa selalu tergerak hatinya untuk peduli dan selalu respon terhadap lingkungan hidup< baik disekolah maupun lingkungan masyarakat
-Disaat kita bertindak dan tergerak untuk menjaga lingkungan dan disaat itu pula kita menjadi khalifah yang dapat ditiru dan menjadi cermin bagi seluruh makhlukh hidup hiduplainnya demi terciptanya lingkungan yang asri dan makmur

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More